CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Jumat, 07 Maret 2008

MENGAPA MENGENANG SEJARAH PAHLAWAN

MENGAPA MENGENANG SEJARAH PAHLAWAN

Oleh : RAMLIANI

Pahlawan adalah orang yang telah berjuang dan berjasa baik dalam bersikap, berpikir dan bertindak dalam diri, keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara yang manfaatnya dapat dirasakan oleh segenap umat manusia. Secara historical sejarah bangsa kita telah melahirkan pahlawan-pahlawan bangsa yang hingga saat ini menjadi teladan dan panutan generasi muda untuk mengisi Era kemerdekaan dan Kebebasan demi terciptanya bangsa yang maju, mandiri, dan sejahtera.

Mengingat banyaknya pengorbanan yang dirasakan para pejuang-pejuang bangsa mulai dari Era penjajahan sampai pada Era Kemedekaan seperti sekarang ini, maka sudah menjadi tanggung jawab kita secara utuh untuk tetap meneruskan cita-cita leluhur pejuang-pejuang bangsa ini. Dengan mengibarkan bendera dalam peringatan hari pahlawan tidaklah cukup untuk mengganti arti dari sebuah perjuangan,namun kita dituntut secara moral dalam mengisi dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke agar tatap menyatu dan jauh dari propaganda Bangsa-bangsa lain.

Globalisme dunia bukanlah alasan untuk melupakan sejarah pahlawan bangsa kita, namun marilah kita jadikan panutan semua perjuangan pahlawan bangsa ini dengan semangatnya yang selalu membara dalam menapak langkah kedepan seiring dengan Globalisme itu sendiri. Dengan mengenang hari pahlawan dengan sendirinya akan menumbuhkan kesadaran kita sebagai bagian dari bangsa ini yang harus tetap berkreatif, berinovatif demi terwujudnya masyarakat yang madani, berwawasan luas dan mempunyai rasa tanggung jawab yang penuh terhadap keutuhan bangsa dan Negara ini serta memiliki motivasi yang tinggi untuk memajukan bangsa kearah yang lebih maju menuju masa depan yang cemerlang.

Sudah saatnya kita sebagai generasi muda untuk tampil kedepan sebagai pahlawan bangsa dari banyaknya persoalan yang menimpa bangsa ini. Dulu kita mengenal penjajah hanya dari satu sisi yakni bangsa lain yang datang kemudian mengeruk kekayaan serta menindas rakyat secara fisik dan psikis, namun saat ini semua telah berubah warna dan bentuknya sebab masyarakat bangsa kita saat ini pun sedang dalam penjajahan secara tidak langsung dalam bentuk penindasan hak-hak dan tidak terealisasinya hukum secara adil dan merata.

Munculnya berbagai gejolak dan musibah terhadap bangsa kita adalah suatu peristiwa yang mengingatkan bangsa kita akan sebuah bentuk kezoliman baik itu terhadap sesama manusia ataupun terhadap lingkungan alam. Hal inilah yang harus kita sadari sehingga kita dapat mengenang dan mengambil hikmah terhadap hal-hal yang terlupakan ataupun sengaja melupakan. Jangan sampai kita terjebak oleh arus bangsa lain yang secara diam-diam akan kembali menjajah dan menjerumuskan bangsa ini pada kehancuran. Generasi muda tetap diharapkan untuk bersikap dan bertindak antisipatif terhadap arus pasar bebas yang semakin menggila dan siap menggilas siapapun yang lengah dan kurang sigap. Generasi muda sangat menentukan masa depan bangsa dan dipersiapkan menjadi pahlawan Era Globalisasi.

0 komentar: