CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 11 Juni 2008

Meluruskan Makna Wali Allah dan Mengenal Wali Setan

Meluruskan Makna Wali Allah dan Mengenal Wali Setan
Penulis: Al-Ustadz Abu Usamah bin Rawiyah An-Nawawi
Syariah, Kajian Utama, 12 - Februari - 2004, 00:46:00

Di masyarakat, wali adalah gelar yang memiliki prestise tinggi. Orang yang sudah mencapai derajat wali, segala tindakan dan ucapannya bak titah raja, harus diterima dan dilaksanakan meski tak jarang melanggar syariat. Mestinya keadaan ini tidak terjadi bila masyarakat paham bahwa tidak semua orang yang dianggap sebagai wali .adalah wali Allah

Adalah perkara yang lumrah bila kita mendengar . Di sisi lain, terkadang menjadi sesuatu yang asing bilakata-kata wali Allah disebut kata wali setan. Itulah yang sering kita jumpai di antara kaum muslimin. Bahkan sering menjadi sesuatu yang aneh bagi mereka kalau mendengar kata wali setan. Fakta ini menggambarkan betapa jauhnya persepsi saudara kita kaum dan lawannya,muslimin dari pemahaman yang benar tentang hakikat wali Allah wali setan.
Dalam gambaran kebanyakan orang, wali Allah adalah setiap orang yang bisa mengeluarkan keanehan dan mempertontonkannya sesuai permintaan. Selain itu, ia juga termasuk orang yang suka mengerjakan shalat lima waktu atau terlihat memiliki ilmu agama. Bagi siapa yang memiliki ciri-ciri tersebut, maka sekalipun dia melakukanakan mudah baginya untuk menyandang gelar wali Allah kesyirikan dan kebid’ahan.
Pembahasan singkat ini akan mengajak pembaca dan juga menjelaskan bahwa di samping wali Allah
mengetahui hakikat wali Allah ada wali setan. Sekaligus, tulisan ini membantah dan membimbing dua kelompok manusia dan selain mereka -akan disebut di bawah ini-, untuk kemudian menumbuhkan keyakinan agar mereka kembali beriman dan bertakwa kepada Allah, insya Allah.
Pertama, sebagai bantahan terhadap dua kelompok yang telah . Dua kelompok itu keluar dari pemahaman yang benar tentang hakikat wali Allah adalah sebagai berikut:
a. Ahli Tafrith, yaitu orang-orang yang menganggap di
enteng dan meremehkan orang yang beriman dan bertakwa. Kedudukan wali Allah hadapan ahli tafrith tidak jauh beda dengan pelaku maksiat, pelaku kesyirikan, menyatakan: dan kebid’ahan. Padahal Allah

“Apakah patut Kami menjadikan orang-orang Islam itu sama dengan orang-orang yang berdosa?” (Al-Qalam: 35)
“Patutkah Kami menjadikan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih sama dengan orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi? Patutkah pula Kami menjadikan orang-orang yang bertakwa sama dengan orang-orang yang berbuat maksiat?” (Shad: 28)
b. Ahli Ifrath, yaitu orang-orang yang berlebihan (ghuluw) dalam menyikapi wali Allah, termasuk juga orang-orang yang tersebut sehingga mengangkatnya ke derajat ilahmengkultuskan wali Allah (sesembahan). Diserahkan kepadanya beraneka ragam peribadatan seperti cinta, takut, pengagungan, harapan, doa, penyembelihan, dsb.
Kedua, membimbing orang-orang yang keliru dalam memberikan pangkat kewalian kepada orang yang tidak pantas mendapatkannya. Padahal gelar yang pantas diberikan kepadanya adalah wali setan. Jumlah yang seperti ini di masyarakat sangatlah banyak.
Ketiga, memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa bahwa selama dia berada di atas iman dan takwa maka dia tetap dalam kewalian Allah. Walaupun derajat kewalian itu berbeda-beda pada tiap orang tergantung tinggi rendah iman dan takwanya.

Definisi Wali
Kata ‘wali’ bila ditinjau dari segi bahasa berasal dari kata ‘al-wilayah’ yang artinya adalah ‘kekuasaan’ dan ‘daerah’ sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Sikkit t. Atau terambil dari kata ‘al-walayah’ yang berarti pertolongan.
Menurut syariat, wali (wilayah, walayah) artinya kedudukan yang tinggi di dalam agama yang tidak akan dicapai kecuali oleh orang-orang yang melaksanakan tuntunan agama baik secara lahir maupun batin.
Dari sini, wilayah (kewalian) memiliki dua sisi pandang:
Pertama, sisi yang terkait dengan hamba yaitu melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangan kemudian secara bertahap dia meningkatkan ubudiyahnya kepada Allah dengan amalan-amalan sunnah.
Kedua, sisi yang terkait dengan Allah, yaitu Allah akan mencintai dia, menolongnya, dan mengokohkannya di atas sikap istiqamah. (Madkhal Syarh Ushul I’tiqad, 9/7)

Siapakah Wali Allah ?
Al-Imam Ath-Thabari t mengatakan: “Wali Allah adalah orang yang memiliki sifat seperti yang telah disebutkan Allah yaitu beriman dan bertakwa.” (Tafsir Ath-Thabari, 11/132)

Ibnu Katsir t mengatakan: “Wali-wali-Nya adalah mereka yang beriman dan bertakwa sebagaimana tentang mereka sehingga setiap orang yang bertakwatelah dijelaskan oleh Allah adalah wali-Nya.” (Tafsir Ibnu Katsir, 2/422)
Al-Baidhawi t berkata: “Wali adalah orang-orang yang mewujudkan ketaatan kepada Allah dan orang-orang
Allah yang diberikan segala bentuk karamah.” (Tafsir Al-Baidhawi, hal. 282)
Ibnu adalah orang-orang yang mendekatkanRajab Al-Hambali t mengatakan: “Wali Allah dengan berbagai amalan yang bisa mendekatkan diri
diri kepada Allah kepada-Nya.” (Jami’ Al-‘Ulum wal Hikam, hal. 262)
Ibnu Abil ‘Izzi t berkata: adalah orang yang selalu melaksanakan segala yang dicintai Allah
“Wali Allah dan selalu mendekatkan diri kepada-Nya dengan segala perkara yang diridhai-Nya.” (Syarah Al-‘Aqidah Ath-Thahawiyyah, hal. 360)
Al-Hafidz Ibnu Hajar t dan dia
adalah orang yang berilmu tentang Allah mengatakan: “Wali Allah terus-menerus di atas ketaatan kepada-Nya dengan mengikhlaskan peribadatan.” (Fathul Bari, 11/342)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah t berkata: “Wali Allah adalah orang yang beriman dan bertakwa.” Dalam kesempatan lain beliau berkata:
.“Mereka adalah orang-orang yang beriman dan ber-wala’ (loyal) kepada Allah Mereka mencintai apa-apa yang dicintai-Nya, membenci apa-apa yang dibenci-Nya, ridha terhadap apa-apa yang diridhai-Nya, murka terhadap apa-apa yang dimurkai-Nya, memerintahkan kepada apa-apa yang diperintahkan-Nya, mencegah apa-apa yang dicegah-Nya, memberi kepada orang yang Dia cinta untuk diberi, dan tidak memberi kepada siapa yang Dia larang untuk diberi.” (Al-Furqan dalam kitab Majmu’atut Tauhid, hal. 329)
Al-Hafidz Ibnu Ahmad Al-Hakami t mengatakan: , bertakwaadalah setiap orang yang beriman kepada Allah
“Wali Allah .” (A’lamus Sunnah Al-Manshurah, hal.rkepada-Nya dan mengikuti Rasulullah 192)
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin t berkata: “Wali Allah adalah orang-orang yang telah dijelaskan dalam firman-Nya (Yunus: 62-63).” Kemudian beliau menukilkan ucapan Ibnu Taimiyyah t: “Barang siapa yang beriman .” (Syarah Al-‘Aqidah Al-Wasithiyyahdan bertakwa maka dia adalah wali Allah hal. 626)
Dari beberapa ucapan ulama di atas, sangat jelas bagi kita siapa . Semua ucapan ulama tersebut tidak salingyang dimaksud dengan wali Allah bertentangan walaupun ungkapannya berbeda-beda. Semua pendapat mereka bermuara :pada firman Allah
“Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada kekhawatiran pada mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. Yaitu orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.” (Yunus: 62-63) [Al-Furqan dalam kitab Majmu’atut Tauhid hal. 339]

Siapakah Wali Setan?
Asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu t berkata: “Wali setan adalah orang-orang yang menyelisihi Allah dan orang-orang yang tidak mematuhi anjuran Al Qur’an dan As Sunnah. Mereka
adalah ahli bid’ah, berdoa kepada selain , mengingkari kemahatinggianAllah di atas ‘Arsy-Nya, memukul tubuh mereka dengan besi, memakan api dan Allah (perbuatan) lainnya dari amalan-amalan orang Majusi dan setan.” (Al-‘Aqidah Al-Islamiyah, hal. 36)
telah menjelaskan dalam Al Qur’an dalam banyakAllah ayat tentang ciri-ciri dan sifat mereka serta apa yang diperbuat oleh tentara-tentaranya.

Dalil-dalil Adanya Wali Setan
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah t membawakan dalil yang banyak tentang keberadaan wali setan di dalam kitab beliau Al-Furqan Baina Auliya Ar-Rahman wa Auliya Asy-Syaithan, sebagaimana beliau juga membawakan dalil tentang wali Allah, ciri-ciri mereka, dan karamah yang Allah berikan kepada mereka.
Allah berfirman:
“Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah dan orang-orang kafir berperang di jalan thaghut, karena itu perangilah wali-wali setan karena sesungguhnya tipu daya setan lemah.” (An-Nisa: 76)
“Barangsiapa menjadikan setan sebagai wali (pelindung) selain Allah, maka ia menderita kerugian yang nyata.” (An-Nisa: 119)
“Sesungguhnya mereka tidak lain adalah setan yang menakut-nakuti wali-walinya (kawan-kawannya), karena itu janganlah kalian takut kepada mereka jika kalian benar-benar orang yang beriman.” (Ali ‘Imran: 175)
“Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.” (Al-A’raf: 27)

Masih banyak lagi nash yang menjelaskan keberadaan wali setan di tengah-tengah orang yang beriman. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: “Barangsiapa yang mengaku cinta kepada maka dia dan ber-wala’ kepada-Nya namun dia tidak mengikuti Rasulullah
Allah . Bahkan barangsiapa yang menyelisihi Rasulullah maka diabukan wali Allah dan wali setan.” adalah musuh Allah
Kemudian beliau berkata: “Walaupun .kebanyakan orang menyangka mereka atau selain mereka adalah wali Allah .” (Al-Furqan dalam kitab Majmu’atut Tauhid,(Namun) mereka bukanlah wali Allah hal. 331)

Wallahu a’lam.

0 komentar: