CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Jumat, 07 Maret 2008

GLOBALISASI DAN REFORMASI

GLOBALISASI DAN REFORMASI

( R A M L I A N I )

Arus Globalisasi abad 21 semakin memperlihatkan geliatnya, yang sangat berpengaruh disemua sector kehidupan. Globalisasi merupakan tanda dari sebuah perubahan besar kehidupan umat manusia dimana masyrakatnya merupakan masyarakatnya transisi.

Teriakan reformasi masih terus bergema diseantero jagad raya. Hal ini menunjukan realita bahwa Negara belum mampu mewujudkan asas keadilan dan kesejahteraan masyarakat.ini adalah sebuah fenomena zaman yang tidak berpihak pada rakyat.

Bertolak dari realita itulah sehingga Student Solution mengepalkan tangannya dan maju kemuka guna mengatasi setiap persoalan yang menyimpang dari kebenaran dan keadilan disegala sektor kehidupan.

Globalisasi dan Reformasi adalah bagian yang tak terpisahkan. Globalisasi telah membawa dunia sekarang dan masa depan berlari cepat dengan akibat lepas kendali. Hal ini dapat terlihat dimana pemerintah cenderung mengutamakan kepentingan Elit politik dan Kapitalis sehingga mengesampingkan kebutuhan masyarakat. Dari kenyataan inilah sehingga muncul gagasan baru untuk melakukan perubahan dan perbaikan yang kemudian lebih dikenal dengan nama Reformasi.

Student Solution dengan pergerakannya terus mengantisipasi arah globalisasi dan kemurnian reformasi dari setiap penyimpangan dan meluruskan arah kebijakan pemerintah pada tataran yang realistis. Tendensi Student Solution dalam melakukan setiap gerakan tak lain adalah perjuangan untuk kemaslahatan masyarakat secara umum.

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN

Sektor Pendidikan menjadi faktor penting dan signifikan untuk mencetak produk Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat menghadapi arus perubahan jaman yang tidak dapat ditawar-tawar lagi.

Kekuatan Global Pendidikan pada peranan pengetahuan menjadi hal yang strategis dan utama. Masa depan bangsa ditentukan oleh pengetahuan baik yang berhubungan dengan kemajuan IPTEK terutama dalam bidang informasi serta inovasi maupun hubungannya dengan IMTAK.

Revolusi Pemikiran dalam dunia Pendidikan yang berorientasi pada peningkatan SDM merupakan elemen terpenting yang seharusnya menjadi dasar dalam membuat perubahan khususnya yang berkaitan dengan Pendidikan.

Salah satu faktor tidak adanya kemajuan dalam dunia pendidikan adalah proses belajar mengajar yang berlangsung didunia Pendidikan Formal sekarang ini lebih banyak hanya sekedar mengejar target pencapaian kurikulum yang telah ditentukan, sehingga kontrol pada peningkatan kemampuan dan potensi peserta didik menjadi terabaikan. Metode Pendidikan seperti ini menjauhkan dari misi kearah pembebasan dan pemberdayaan.

Sadar taupun tidak mahasiswa harus mengetahui bahwa jaringan sistem budaya, sistem Ekonomi, Sistem Pasar, sistem Komunikasi, dan sistem Pengetahuan adalah merupakan bagian-bagian yang ditempuh dalam dunia Pendidikan. Dan diharapkan nantinya dapat direalisasikan pada tatanan sosial masyarakat.

( R A M L I A N I )

0 komentar: